Cerita Jalur Pedestrian di Kota Yogyakarta

Tulisan ini saya posting setelah tiga hari yang lalu, Selasa, tanggal 10 April 2016 saya berkesempatan untuk jalan-jaln di kota yogyakarta untuk melihat kondisi exsisting jalur pedestrian di beberapa lokasi di kota Yogyakarta. Barangkali sekarang sudah menjadi hal yang biasa jika para pejalan kaki sudah tidaklmempunyai ruang untuk bergerak yang dinamakan jalan.

Malioboro 1 Timur Gedung BNI 6

Jika kita ambil contoh di jalan Malioboro, beberapa teman malah menganggap bahwa keberadaan para pedagang Kaki Lima di sepanjang jalur pejalan kaki malah menjadi kekayaan dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung kota Yogyakarta. Pastinya Malioboro menjadi tujuan pasti bagi para wisatawan yang mampir ke Yogyakarta. Sebagai contoh Wahyu, teman saya di kampung yang dengan sengaja memperlambat laju mobilnya ketika melewati jalan Maliobor hanya sekedar inigin melihat suasana keramaian malioboro.

Sebagai gambaran lain di depan Gedung Bank Indonesia Yogyakarta, kawasan pedestrian menjadi kawasan sentra kerajinan batu mulia serta para pengrajin figura. Namun hal itu justru menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para pejalan kaki untuk sekedar melepas lelah dengan berjalan kaki sambil melihat para pedagang kaki lima yang menawarkan dagangannya yang terbilang unik seperti batu mulia. Bahkan salah satu grup band asal Yogyakarta, Sheila on 7 mengambil lokasi video klipnya dengan menampilkan sisi lain kota Yogyakarta seperti di sepanjan jalan di depan Gedung bank Indonesia.

Kembali ke topik utama, bahwa pedestrian atau pejalan kaki saat ini sudah mulai mendapatkan ruang yang cukup lapang di sepanjang jalan Malioboro. kebijakan walikota Yogyakarta yang melakukan penataan ulang kawasan pejalan kaki di Malioboro perlu kita apresiasi. Monggo, mari pinarak ke Malioboro, atau banyak yang menyebutnya sebagai pusat kota nya Yogyakarta. Dan sebagai warga Yogyakarta tentunya mari kita juga ikut menjaga kota kita ini dengan bagaimana menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung kota kita dengan menampilkan kesan Yogyakarta yang benar-benar NYAMAN dan ISTIMEWA…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s