Dilema antara Wartel dan Warnet…….

Masih ingat dengan tenggelamnya warung telekomunikasi atau biasa kita sebut wartel pada era tahun 2000 an. Saat itu bagaimana satu persatu pelaku usaha ini gulung tikar karena semakin sedikitnya proposrsi keuntungan yang mereka terima dari penyedia layanan. Penyebab lain dari tenggelamnya industry ini adalah semakin banyaknya konsumen beralih ke media komunikasi yang lain yang menawarkan biaya yang lebih murah dengan keefektifan menjadi sasaran bagi pelaku Industri ini untuk merebut pasar yang sebelumnya menggunakan wartel sebagai media komunikasi bagi mereka. Sehingga akhirnya saat ini banyak box telepon umum “nglungkruk” di sepanjang jalan dan dibiarkan begitu saja walau sudah tidak berfungsi, sehingga menggangu pemandangan kota.

Kejadian serupa hampir pasti terulang dan kali ini warung internet, atau lebih dikenal dengan sebutan warnet akan bernasib sama dengan pendahulunya yang gulung tikar karena kalah dalam persaingan. Seperti kita tahu perkembangan teknologi saat ini sangat cepat, sehingga menuntut para penggunannya untuk dapat mengakses informasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Terkait dengan kondisi diatas kemudahan masyarakat menakses internet melalui berbagai media sarana seperti handphone, modem, dan tersebarnya hotspot di berbagai tempat  memabuat masyarakat berpikir pindah dari warnet ke sarana yang lain karena mereka menawarkan harga yang lebih murah atau bahkan mungkin gratis dalam mengaksesnya.

Maka saat ini para pelaku usaha warnet harus membuat “ancang-ancang’’ untuk menghadapi kemungkinan kemungkinan diatas. Untuk itu mereka harus melakukan inovasi dengan membuat sebuah strategi yang tepat agar industry warnet akan tetap berkelanjutan dan tidak seperti pendahulunya. Mungkin sebagai alternative para pelaku industry ini dapat membuat suatu fitur atau media yang hanya dapat diakses melalui PC atau warnet dan tidak terdapat dalam smartphone  ataupun media lainnya, sehingga dengan begitu industry ini akan bertahan dalam menghadapi persaingan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s