Sepenggal Cerita……

Sebuah Cerita Sebuah Hikmah………………..

Saya atau mungkin anda akan merasa heran jika mendengar percakapan saya dengan seorang bapak pedagang warung Bakmi Jowo di kawasan dekat rumah saya di sekitar Condongcatur. Dia berusia sekitar 40 tahunan, dia berasal dari Wonosari  setelah menikah 8 tahun yang lalu dengan seorang wanita dari Klaten, ia dikaruniai dua orang anak. Yang paling tua sudah ke bangku SLTP dan yang paling kecil masih berumur balita. Betapa tidak saya sendiri sampai berucap dalam hati, ” Ini dia sebetulnya yang benar-benar siap menjadi wakil rakyat”. Mengapa saya bisa berpikir seperti itu, karena saya mendengar sendiri apa yang diucapkan beliau ketika saya mampir di warungnya. Beliau bercerita panjang lebar mengenai perjalanan hidupnya kepada saya. Beliau seorang yang sangat ramah dan kebetulan saya sudah lama menjadi pelanggan beliau.

Kala itu beliau mulai merintis usahanya ketika berusia 18 tahun. Kala itu dia tidak melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi karena terbentur masalah ekonomi keluarganya yang serba kekurangan. Sehingga sampai saat ini beliau masih berijazah hingga usia SLTP. Tetapi berbagai cobaan yang beliau alami tidak menjadikan itu semua beban yang menjadi penghambat dalam keinginannya untuk bertahan dalam kerasnya kehidupan ini. Ketika memutuskan untuk berhenti sekolah ke jenjang SLTA, untuk membantu perekonomian orangtuanya yang kebetulan bapaknya sudah mulai sakit-sakitan. Kala itu ia mencoba sebuah usaha pada awalmulanya dengan berjualan gorengan di pinggir jalan di sekitar jalan wonosari.

Berjalan sekitar 2 tahun usahanya akhirnya dengan semakin banyaknya kebutuhan untuk pengobatan orang tuanya, selain itu juga membantu membiayai sekolah adiknya yang saat itu sudah mendekati ujian akhir tingkat SLTA. Sempat saya terenyuh ketika beliau sambil memandang kosong dia berkata, ” keinginan saya yang harus saya usahakan adalah adik saya harus bisa bersekolah melebihi saya”. Sungguh mulia cita cita beliau dan mungkin beliau tidak akan merasa sebahagia sekarang, karena saat ini adeknya sudah bisa lulus hingga perguruan tinggi di UNY dan sekarang sudah bekerja menjadi seorang guru di slah satu sekolah dasar negeri di Klaten.

Dari sekian banyak orang yang pernah saya temui, beliau memang salah satu orang yang sangat sabar  dalam menjalani apapun yang dia kerjakan. Tak pernah beliau telat sekalipun dalam menjalankan kewajibanya sebagai seorang muslim. Kala itu saya mampir di warungnya bertepatan dengan waktu sholat Isya. Ada seorang pembeli yang akan memesan nasi goreng kala itu, tapi dengan sangat ramah beliau  mengatakan ” mbak tunggu sebentar yha , saya tak sholat sebentar, sebentar saja”….sambil tersenyum ramah sekali. Seketika itu pula si pembeli pun dengan ramah pula menjawab, ” gak papa pak saya tunggu yha…he,,he,he”. Memang saya jadi teringat Firman Alloh SWT, ” Ista’inu bi shoobri wassholat, ” berusahalah kamu dengan sabar dan sholat”. Dan itu sudah dibuktikan oleh salah satu orang yang kebetulan saya kenal ini.

Seorang pedagang bakmi jowo yang selalu mensyukuri apa yang sudah diberikanya, selalu qonaah dengan apa yang dimilikinya. Dan Alloh SWT selalu membuktikan apa yang sudah di  firmankanNya. Bahkan di tahun 2010 ini beliau diberi kesempatan oleh Alloh untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah Al-Mukaromah,………………Subhanalloh…Allohu Akbar..

Semoga saya dan mungkin anda bisa mengambil hikmah dan semakin memotivasi kita untuk bisa lebih sabar dan kuat dalam mengahdapi hidup dan kehidupan ini. Karena yakinlah  Alloh itu dekat, saat kita mendekat  dengan satu lang kah maka Dia akan mendekat dengan dua langkah, begitu pula jika kita menjauh satu langkah, maka Dia pun akan semakin jauh dari kita lebih dari satu langkah………………..

Hafid Lastito

06-02-2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s