Pengaruh Internet, Negatif atau Positif

Pengaruh Internet, Negatif atau Positif

” Seorang pelajar menjadi korban penculikan oleh seorang kenalannya melalui facebook, seorang pelajar SLTP menjadi………………….facebook, Seorang gadis cantik menggunakan facebook untuk menipu korbannya…., sepasang pelajar terjaring dalam rasia polisi di sebuah warnet sedang…. “

Berita diatas saat ini menjadi headline news dari berbagai media baik itu cetak maupun elektronik. Banyak dari mereka tertipu dengan seseorang yang entah itu siapa dan meeka tidak mengenal mereka sebelumnya. Bahkan peristiwa serupayang terjadi di Surabaya, setelah berkenalan melalui facebook, mereka janjian untuk ktemu disuatu tempat dan akhirnya si pelaku membawa pergi korban hingga beberapa hari. Ketika terkuak dan pelaku tertangkap mereka mengaku smepat melakukan hubungan layaknya suami istri. Sungguh miris hati ini jika mendengar kejadian tersebut, apalagi yang menjadi korban adalah dari kalangan pelajar sekolah yang masih memiliki masa depan yang panjang. Hati orangtua mana yang tidak runtuh jika melihat anak kandungnya menjadi korban pelecehan seperti diatas.

Banyak dijualnya piranti piranti internet seperti modem, handphone dengan fasilitas akses internet, berbagai penawaran biaya  internet yang murah, semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan internet dengan cukup terjangkau. Terlebih jika lihat sekarang, maraknya facebook sudah merambah ke berbagai segmen, mulai dari anak-anak, dewas, orang tua, karyawan, sampai tukang becak, penjual siomay, dan sebagainya.

Perkembangan teknologi akan membawa pengaruh yang positif maupun pengaruh negatif bagi masyarakat. Pengaruuh positif disini terkait dengan semakin majunya teknologi maka kemungkinan untuk mengakses informasi dari dunia luar menjadi semakin terbuka, sehingga berbagai informasi dan ilmu pengetahuan akan semakin mudah untuk didapatkan. Sedangkan yang menjadikan pengaruh negatif bagi kemajuan teknologi adalah semakin mudahnya berbagai budaya dari banyak negara yang jauh dari norma -norma kebudayaan kita. Seperti misalnya maraknya situs-situs porno yang dengan mudah dapat diakses para pengguna internet. Tentu saja itu sangat berbahaya jika masyarakat kita tidak siap untuk menerimanya. Pemerintah sudah berusaha untuk memblokir situs yang tidak layak untuk bisa diakses di Indonesia, tetapi masih saja banyak yang masih beredar.

Melihat kondisi diatas mungkin ada beberapa saran atau masukan kita dalam membentengi kita dari pengaruh negatif kemajuan teknologi :

1. Kita ubah pengaturan hanya untuk situs-situs tertentu yang bisa diakses

Ini tentu saja menjadi cara yang efektif untuk mecegah kemungkinan orang untuk mengakses situs tersebut. Cara ini terutama ditujukan bagi pengguna internet rumahan, sehingga bisa memfilter situs yang bisa diakses oleh anak-anak kita yang masih dibawah umur. Saya mempunyai gambaran bahwa mungkin untuk warnet bisa diterapkan cara seperti ini. Jadi, yang ditawarkan kepada konsumen adalah untuk situs tertentu saja yang bisa diakses. Walaupun sangat janggal, tapi para pelaku usaha warnet harus tetap memberikan tanggung jawab sosial mereka. Tidak semata matamencari keuntungan belaka, tetapi nilai nilai sosial tetap harus di utamakan.

2.  Sebelum kita mengakses internet, tentukan dulu apa yang akan kita lakukan

itu betul betul bermanfaat bagi kita.

Dalam kondisi ini biasanya para pengguna terlena dari tujuan sebelum kita mengakses internet. Dalam hal ini kita harus kembali kepada diri kita sendiri untuk membatasi untuk tidak terlena untuk tidak mengakses situs yang dilarang.

3.  Buatlah time schedule ketika akan mengakses internet

Ini sangat perlu untuk kita lakukan, karena dengan agenda waktu yang sudah direncanakan maka tujuan kita untuk mengakses internet akan cepat lebih selesai. Karena biasanya pengguna sering terlena, dan secara tidak sadar akan mengakses situs2 yang lain.

Ketiga hal diatasa mungkin perlu anda coba dan terbukti efektif karena sudah saya terapkan ketika saya akan mengakses internet.  Selain itu mari kita coba membentengi diri kita sendiri dari hal diatas. Jikakita melihat kejadian diatas, tentunya peran orangtua dan keluarga sangat besar. Karena ini terkait dengan siap tidaknya kita menerima kemajuan teknologi melalui internet. Jika kita semua sudah siap, maka dengan sendirinya akan terbentuk lingkungan yang kebal akan nilai nilai negatif yang masuk melalui kemajuan teknologi dalam hal ini kemudahan akses dalam internet.

Hafid Lastito

2 thoughts on “Pengaruh Internet, Negatif atau Positif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s